Daily Activity ‘9 (MID Test)

Hari Kamis, 21 Maret 2019. Saya dan teman kelompok saya mid praktek dengan membuat Indonesian Food Buffet. 

Indonesian Food terdiri dari Rujak Mie, Dojang Nakeng, Soto Banjar, Palu Ce’la, Plecing Sayur, Ayam Bakar Kaliwang, Rendang, Bubur Injin, dan Doko-Doko Cangkuning. kami pun membagi tugas masing- masing. Ada pun menangani Bubur Injin dan Doko-Doko Cangkuning. 

Pada hari sebelumnya, saya sudah merendam kacang hijaunya agar tekstur dari kacang menjadi sedikit lembek sehingga saat dimasak tidak membutuhkan waktu yang sangat lama dan saya juga menyiapkan kinca untuk perasanya, walaupun tetap saja dimasak lama. Saya pun menyiapkan daun pisang untuk cover Doko-Doko Cangkuning beserta isinnya. 

Saya mulai menyelesaikan preparean saya yang kemarin dengan mencuci dengan bersih kacang hijau yang telah direndam lalu merebusnya dengan api sedang sampai mendidih, saat airnya mulai mengurang dan kacang masih belum lembek secara merata sebaiknya menambahkan air, beri gula pasir, santan, dan kinca sesuai selera pada saat kacang sudah lembek merata untuk mencegah terjadinya kegosongan. Pada saat saya mengerjakan kacang hijau tadi, saya juga mengerjakan Doko-Doko Cangkuning dan dibantu teman-teman dari kelompok lain. Saya pun mengukusnya selama 20 menit.


Walau selama pengerjaan tadi saya merasa kurang sehat, saya berusaha menyelsaikan pekerjaan saya sampai tuntas, lalu saya meminta izin untuk pulang beristirahat sehingga saya tidak membantu melakukan General Cleaning pada hari itu.

Komentar

Postingan Populer