Daily Activity 7 (IND)


28 Februari 2018, di Laboratorium Dapur di Politeknik Pariwisata Makassar. Tepat pukul 08.05 am pengecekan kelengkapan dilakukan oleh 3 Supervasior yaitu Senior Semester 4 dari Prodi Manajemen Tata Boga. Setelah pengecekan dan absen, Saya menyimpan tas di looker kemudian one line (berdiri pada satu lantai berukuran medium). Setelah one line, saya mulai mempersiapkan Custard dan Whip Cream untuk isian Choux yang telah saya panggang hari sebelumnya. Kemudian Chef Dyno memberi arahan bagaiamana Garnish untuk Choux Ala Creme.

Sederhana tapi mewah adalah kata yang tepat untuk Choux Ala Creme ini. Apalagi saat melihat Chef Dyno menghias tampilan yang membuat saya semakin yakin bahwa dessert ini cukup sederhana. Garnish selanjutnya diserahkan pada kami, namun pada pertengahan Garnish, Saya dan lainnya membuat Whip Creme lagi karena kehabisan persediaan Whip Cream. 
Setelah semua Choux sudah diisi dengan Custard dan Whip Creme, tiba-tiba saya ditunjuk untuk ke Resto POLTEKPAR untuk melakukan Table Manner. Sebelum ke Resto, saya sempat meliahat proses Lobster grilled, hal tak terduganya adalah kami diberikan lobster tersebut untuk dimakan bersama. Setelah itu saya menuju ke resto POLTEKPAR.
Ini adalah kali pertama saya melakukan Table Manner hingga membuat saya kaku setengah mati, apalagi saya semeja dengan orang yang tidak saya kenal. Tapi saya akan fokus pada makanan yang telah dibuat oleh teman-teman saya. Mulai dari menu Appetizer (Macedoine of Vagetable Mayonnaise), Soup (Minestrone Soup), Main Course (Fillet Snapper Meuniere with Potatoes Gratin), serta Dessert (Choux Ala Creme). Semua menu yang dihidangkan cukup cocok dengan lidah saya, sehingga saya menikmatinya dengan sangat baik. Semeja dengan Mahasiswa Prodi Manajemen Tata Hidang membuat saya belajar banyak hal tentang Table Manner dan Manajemen Tata Hidang.

Saat kembali ke Kitchen, Semua teman- teman sementara melakukan persiapan untuk Open Resto esok harinya. Keadaan ini lantas membuat saya bingung harus berbuat apa, karena semua recipe yang akan dibuat telah memiliki tuannya masing-masing. Akhirnya saya membantu semua persiapan pada bagian Main Course baik itu sambal matah, Coconout sambal, dan Tomato sambal. mulai dari mengupas bawang merah dan bawang putih untuk semua sambal, saute tomat dan terasi, memotong lombok besar, serta menghaluskan bumbu Tomato sambal dengan blender. 
 

Setelahnya saya merapiakan utensils yang telah dicuci. Pukul 04.20 pm, kami memakan makanan lebih yang ada di kitchen, kegiatan seperti inilah yang menjadi surga untuk mahasiswa Tata Boga. Kemudian kami melakukan General Cleaning pada pukul 05.03 pm. Setelah Selesai waktu magrib, kami pulang pada pukul 06.36 pm.
Menikmati hal yang dilakukan merupakan bentuk rasa syukur untuk hari yang dijalani tanpa sadar telah dilakukan.
Selamat menikmati harimu kawanku.

Komentar

Postingan Populer